Transmisi Digital

Posted: 12 April 2020 in Teknologi Informasi, Universitas Teknokrat Indonesia

Evolusi perkembangan teknologi komunikasi dapat dipastikan akan menuju ke bentuk ISDN (Integrated Service Digital Network), yaitu dimana segala jenis pelayanan telekomunikasi akan diberikan secara terpadu, dimana dalam satu system penyambungan dan transmisi akan dapat disalurkan berbagai macam bentuk sinyal (Suara, gambar, data dan sebagainya).

Transmisi adalah pergerakan informasi melalui sebuah media telekomunikasi.Transmisi data merupakan proses untuk melakukan pengiriman data dari salah satusumber data ke penerima data menggunakan komputer / media elektronik.Komunikasi berada dalam bentuk gelombang elektromagnetik.

Transmisi digital adalah pengiriman informasi melalui media komunikasi fisikdalam bentuk sinyal digital. Sinyal analog juga harus didigitalkan terlebih dahulusebelum dikirim. Namun, karena informasi digital tidak dapat dikirim langsung dalam bentuk 0 dan 1, maka informasi tersebut harus dikodekan terlebih dahulu dalam bentuk sinyal dengan dua keadaan, misalnya perbedaan tegangan, antara dua kawat,ada / tidaknya arus dalam kawat, ada / tidaknya cahaya.

Transformasi informasi biner menjadi sinyal dua arah dilakukan oleh DCE, yang juga dikenal sebagai base band decoder.

Contoh Transmisi Digital

Contoh paling umum dari sinyal digital adalah text atau character string. Informasi yang disajikan dalam bentuk text lebih nyaman untuk dimengerti oleh manusia. Oleh karena itu, data binary yang ditransmisikan melalui sinyal digital akan diproses untuk ditampilkan dalam bentuk text.

Secara prinsip, signaling secara digital memiliki keunggulan dibanding signaling secara analog. Transmisi digital lebih murah dan lebih terbebas dari noise.Oleh karena adanya redaman dari kekuatan sinyal pada frekuensi yang tinggi, pulsa menjadi lebih bundar dan lebih kecil. Redaman ini mengurangi proses kehilangan informasi yang terkandung pada propagasi sinyal.

Data digital dapat direpresentasikan dengan data analog dengan menggunakan modem (modulator – demodulator). Modem mengubah sinyal binary menjadi sinyal analog dengan melakukan encoding data dalam frekuensi yang membawanya. Modem merubah data digital yang berasal dari perangkat komputer menjadi data analog yang selanjutnya disalurkan melalui kabel telepon.

MACAM MACAM TRANSMISI DIGITAL

  • Data Serial dan Pararel (Serial and Pararel data Transmission)
  • Sinkron dan Asinkron (Asynchronous and Synchronous Transmission)
  • Deteksi dan Koreksi Kesalahan (Error Detection and Correction)
  • Konfigurasi Jalur (Line Configuration)
  • Komunikasi Data Interface (Data Communications Interfacing)

Terimakasih ..

Download Materi Transmisi Digital

Komentar ditutup.